Selasa, 22 Mei 2012

Sejarah Hewlett Packard (HP)

Setelah lulus sebagai insinyur listrik dari Universitas Stanford pada 1934, Bill Hewlett dan Dave Packard pergi pada berkemah dua minggu dan perjalanan memancing dipegunungan Colorado di mana mereka menjadi teman dekat. Bill melanjutkan studi pascasarjana di MIT dan Stanford sementara Dave mengambil pekerjaan dengan General Electric. Dengan dorongan dari profesor Stanford dan mentor Fred Terman,kedua memutuskan untuk memulai bisnis "dan membuat kabur" sendiri.Hewlett-Packard Company didirikan 1 Januari 1939.

1939
Dave dan istrinya Lucile pindah ke lantai pertama rata rumah di 367 Addison Avenue,Palo Alto, California. Bill menyewa gudang belakang rumah, dan Bill dan Dave mulai bekerja paruh waktu di garasi dengan $ 538 modal kerja. The $ 538 terdiri dari kas dan mesin bekas Sears-Roebuck
Bill mempelajari hasil balik negatif dalam produk pertama HP - audio resistansi-kapasitansi osilator (HP 200A), sebuah alat elektronik yang digunakan untukmenguji peralatan sound.
Tahun 40’an
Dengan berkembang nya HP,Bill Hewlett dan Dave Packard menciptakan gaya manajemenyang membentuk dasar terkenal terbuka budaya perusahaan HP dan mempengaruhi bagaimana sejumlah perusahaan teknologi nantinya akan melakukan bisnis. Dave mencoba teknik manajemen itu - akhirnya dijuluki "manajemen dengan berjalan di sekitar" - yang ditandai dengan keterlibatan pribadi, keterampilan mendengar yang baik dan pengakuan bahwa "setiap orang dalam suatu organisasi ingin melakukanpekerjaan yang baik." Sebagai manajer, Bill dan Dave menjalankan perusahaan sesuai dengan prinsip manajemen kemudian disebut dengan objektif – berkomunikasi keseluruhan tujuan jelas dan memberikan fleksibilitas untuk karyawan bekerja ke arah tujuan-tujuan tersebut dengan cara yang mereka menentukan yang terbaik untuk daerahmereka sendiri tanggung jawab.
HP pindah dari garasi belakang apartemen Dave ke bangunan sewaan di Page MillRoad dan El Camino Real di Palo Alto.
Pada bulan Juni 1940, perusahaan ini catatan amalnya untuk sumbangan pertama sebesar $ 5 untuk badan amal lokal.


1941
Bill menjabat sebagai perwira Angkatan Darat U. S. sampai 1947. Dave menjalankanperusahaan muda sementara Bill hilang.
1947
HP mulai memasuki medan gelombang mikro dengan generator sinyal dikembangkan untuk Naval Research Laboratory dan perangkat radar-jamming. Pada akhir perang, HP membuat keputusan penting untuk melanjutkan di bidang microwave,bagian ini dengan cepat menjadi saham yang penting dan pertumbuhan bisnis perusahaan,HP terdepan dalam generator sinyal.
1947

HP resmi didirikan pada tanggal 18 Agustus 1947. Dave sebagai presiden, Bill wakil presiden.

Katalog fitur HP 39 produk, dan Dave mengatakan peserta di pameran perdagangan New York, "kemunculan HP untuk masa depan sangat menjanjikan."


1948
HP melaksanakan rencana pensiun diasuransikan untuk semua karyawan denganminimal lima layanan tahun.

Dave memulai apa yang akan menjadi sembilan tahun pelayanan di dewan sekolah PaloAlto (1948-1956). Dengan sikap lain depan dari waktu, Bill dan Dave percaya bahwaHP memiliki tanggung jawab untuk menjadi warga perusahaan yang baik.


1959
HP menjadi perusahaan global. Sebagai hasil dari perjalanan jerih payah Bill,perusahaan membentuk organisasi pemasaran Eropa di Jenewa, Swiss, dan sebuahpabrik manufaktur di Boeblingen, Jerman. Dari dasar ini, HP terus memperluas operasiEropa.
Tahun 60’an
HP terus ekspansi di luar negeri, membentuk beberapa cabang perusahaan.Pada awal dekade mengembang ke Asia dengan perusahaan patungan Jepang. DiAS, HP membuka pabrik pertama di luar Palo Alto.


1963
HP memasuki pasar Asia dan bentuk joint venture pertama, YokogawaHewlett-Packard (YHP), di Tokyo, Jepang, dengan Yokogawa Electric Works. Pada1963, penjualan luar negeri sudah dihitung untuk 18 persen dari bisnis HP, pasar asingterbesar adalah Eropa Barat, Kanada dan  
1964
HP merayakan ulang tahun ke 25.
Dave Packard terpilih CEO,Bill Hewlett adalah presiden terpilih.

Keakuratan HP 5060A atom cesium-beam jam memperoleh pengakuan di seluruh dunia sebagai "jam terbang" ketika mereka diterbangkan dari Palo Alto ke Swiss untukmembandingkan waktu yang dibuat oleh US Naval Observatory di Washington, DC kewaktu di Observatorium Swiss Neuchatel.
1966
Laboratorium HP didirikan sebagai fasilitas penelitian pusat perusahaan dan mulaisejarah panjang sebagai salah satu pusat terkemuka di dunia penelitian komersial.Pada awal HP Labs ', bidang utama penelitian mencakup fisika keadaan padat,elektronik fisik, elektronik, dan instrumen elektronik medis dan kimia.



1968
HP memperkenalkan desktop pertama di dunia kalkulator ilmiah, HP 9100A. Kalkulatormenyimpan program pada kartu magnetik diprogram dan memungkinkan para ilmuwan melakukan perhitungan rumit tanpa perlu mengakses komputer yang jauh lebih besar.Mesin ini 10 kali lebih cepat dari mesin yang lain. Iklan untuk perangkat 9100A dipanggil "komputer pribadi," salah satu penggunaan di dokumentasikan pertama dari istilah tersebut.
1975
HP menyederhanakan sistem instrumen dengan menciptakan sebuah antarmukastandar. Industri elektronik mengadopsi HP-IB (interface bus) sebagai standarinternasional untuk memungkinkan satu atau lebih instrumen dapat terhubung dengan mudah ke komputer.


1977
Bill pensiun sebagai presiden namun tetap CEO. Dave tetap ketua, dan John Youngsebagai presiden. Seorang veteran HP, Young, seorang insinyur, adalah wakil presideneksekutif bertanggung jawab untuk HP Instrumen, Sistem Komputer dan KelompokKomponen pada saat itu. Dalam masa jabatannya, HP akan tumbuh untuk menjadipemimpin dalam industri komputasi.  
Tahun 80’an
HP menjadi pemain utama dalam industri komputer pada 1980-an dengan berbagai macam komputer, dari mesin desktop untuk portabel untuk minicomputers kuat. HPjuga menghubungkan komputer dengan instrumen elektronik dan produk medis dan analitis, membuat mereka lebih cepat dan lebih kuat.
1983
HP memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur pada PC mereka hanya denganmenyentuh layar ketika memperkenalkan komputer pertama pribadi yang touchscreen,HP-150.

Bill Hewlett diberikan National Medal of Science, tertinggi kehormatan ilmiah bangsa,"Untuk prestasi pionir dalam penciptaan dan pembuatan perangkat elektronik dansemi-konduktor dan instrumen pengujian elektronik." Hal ini disampaikan kepadanyaoleh Presiden Reagan pada upacara Gedung Putih pada tanggal 27 Februari 1985.
G.Faust tidak memiliki reputasi
Tahun 80’an
HP menjadi pemain utama dalam industri komputer pada 1980-an dengan berbagai macam komputer, dari mesin desktop untuk portabel untuk minicomputers kuat. HPjuga menghubungkan komputer dengan instrumen elektronik dan produk medis dan analitis, membuat mereka lebih cepat dan lebih kuat.

1983
HP memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur pada PC mereka hanya denganmenyentuh layar ketika memperkenalkan komputer pertama pribadi yang touchscreen,HP-150.

Bill Hewlett diberikan National Medal of Science, tertinggi kehormatan ilmiah bangsa,"Untuk prestasi pionir dalam penciptaan dan pembuatan perangkat elektronik dansemi-konduktor dan instrumen pengujian elektronik." Hal ini disampaikan kepadanyaoleh Presiden Reagan pada upacara Gedung Putih pada tanggal 27 Februari 1985.


1987
Bill Hewlett pensiun sebagai wakil ketua dewan direksi HP dan dinamai direkturemeritus.

HP Labs insinyur mengembangkan media film tipis membuat disk magnetik 3,5-inciyang disediakan 10 MB penyimpanan dan peluncuran HP ke dalam mekanismepenyimpanan massa OEM (original equipment manufacturer) bisnis.


1989
HP merayakan ulang tahun ke 50.
Sebuah detektor emisi HP atom adalah instrumen analitis pertama yang mampumendeteksi semua unsur (kecuali helium) dalam kromatografi gas.
HP mengakuisisi Apollo Computer, sebuah produsen workstation berbasis Massachusetts.


1992
John Young pensiun; Lew Platt, seorang insinyur dan kepala Organisasi Sistem Komputer, dipilih Presiden dan CEO dan anggota dewan direksi. Platt, seorangkaryawan HP sejak tahun 1966, menang pujian di dalam dan di luar perusahaan untukmembela keragaman di tempat kerja, membangun keseimbangan antara kerja dankehidupan pribadi untuk karyawan dan mengarahkan HP untuk menjadi pemimpin dalam keterlibatan masyarakat.
1995
PC HP Pavilion menandai pengenalan perusahaan yang sangat sukses ke dalam pasar komputasi rumah.

Dave Packard menerbitkan The Way HP, sebuah buku yang kronik munculnya HP dan memberikan wawasan ke dalam budaya praktek bisnis, dan gaya manajemen yang membantu membuatnya sukses.


1998
HP memperkenalkan pertama Jornada PDA (personal digital assistant). The Jornada820 PC palmtop menjalankan Windows CE sebagai sistem operasinya.



Abad ke-21
Pada awal abad ke-21, HP fokus pada penyederhanaan pengalaman teknologi bagisemua pelanggan, dari konsumen individu untuk bisnis terbesar. Dengan portofolioyang mencakup percetakan, personal komputer, perangkat lunak, layanan daninfrastruktur TI, HP tumbuh menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Pada tanggal 3 Mei 2002, HP menyelesaikan transaksi merger dengan Compaq Computer Corp baru HP adalah penyedia global terkemuka produk, teknologi, solusidan layanan kepada konsumen dan bisnis. HP menawarkan infrastruktur TI, komputasi personal dan perangkat akses, layanan global, dan imaging and printing.
2008
HP adalah yang pertama perusahaan TI untuk melepaskan informasi tentang emisi gas rumah kaca yang berhubungan dengan produk manufaktur dengan penerbitan emisidikaitkan kepada pemasok lapis pertama. Pelaporan ini merupakan bagian dari upaya HP untuk mempromosikan tanggung jawab rantai suplai.

2 komentar: